Hari Ini :

485320
Pengunjung hari ini : 108
Total pengunjung : 136016
Hits hari ini : 185
Total Hits : 485320
Pengunjung Online : 4

Rabu, 31 Januari 2018 - 12:57:30 WIB
Jelang Gerrhana Bulan, Latihan Sholat Khusuf
Diposting oleh : Fika Yudhi Hidayati
Kategori: Kurikulum - Dibaca: 257 kali

Jelang Gerhana Bulan, Latihan Sholat Khusuf

Fenomena alam gerhana bulan total yang In Sya Allah akan terjadi hari ini, Rabu 31 Januari 2018, PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menyelenggarakan latihan sholat khusuf bersama. Sebagai Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu, maka pembelajaran yang disampaikan pun senantiasa update dengan kondisi-kondisi yang terjadi di sekitarnya. Tidak hanya itu, Kegiatan Belajar Mengajar yang disampaikan pun tidak hanya menyampaikan ilmu yang ilmiah dan akademis saja, melainkan dipadupadankan dengan AL-Qur’an dan Sunah.

Begitu juga yang terjadi hari ini. Menanggapi fenomena alam gerhana bulan total yang In Sya Allah akan terjadi malam ini, maka diselenggarakanlah latihan sholat khusuf bersama. Sebelumnya, ustadz/ah memberikan informasi tentang gerhana bulan itu sendiri. Gerhana bulan total yang In Sya Allah akan terselenggara nanti malam, bersamaan dengan terjadinya Supermoon. Supermoon adalah kondisi dimana bulan lebih besar dan lebih terang daripada biasanya. Ketika gerhana bulan bergabung dengan supermoon, maka akan terjadi yang namanya Super Blue Moon (SBM).

Selain informasi terkait dengan fenomena alam gerhana bulan, ustadz/ah juga menyampaikan tentang hadits yang disampaikan Rasulullah SAW terkait dengan gerhana bulan. “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah”(HR. Bukhari). Untuk itulah, sebelum nanti malam benar-benar melaksanakan sholat gerhana, anak-anak berlatih dulu tata cara melakukan sholat gerhana.

Dewi Marsiyah, selaku kepala PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menyampaikan, moment ini adalah moment yang langka. Jadi sayang sekali kalau moment seperti ini dilewatkan begitu saja. Ia juga menambahkan, anak-anak pastinya menyukai informasi-informasi baru yang mereka dapatkan. Moment gerhana bulan ini harapannya, tidak hanya menambah pengetahuan mereka, tetapi menambah kecintaan mereka kepada Allah, Sang pemilik jagat raya.

 




Komentar :