Hari Ini :

478319
Pengunjung hari ini : 65
Total pengunjung : 132139
Hits hari ini : 128
Total Hits : 478319
Pengunjung Online : 1

Senin, 10 September 2018 - 14:08:43 WIB
Budaya Bersih Sekolah
Diposting oleh : Fika Yudhi Hidayati
Kategori: Kurikulum - Dibaca: 26 kali

BUDAYA BERSIH SEKOLAH

Hari ini, Senin 11 September 2018 PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menyelenggarakan kegiatan puncak tema “Budaya Bersih PAUD IT Nur Hidayah Surakarta”. Dalam kegiatan ini ditanamkan kepada anak-anak tentang salah satu ajaran Islam yakni cinta kebersihan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim yakni الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ , yang artinya bersuci itu separuh keimanan, anak-anak belajar langsung tentang bagaimana menjaga kebersihan.

Dimulai dengan cerita tentang pentingnya menjaga kebersihan, anak-anak diajak berpetualang di sebuah daerah yang tempatnya penuh sampah. Dimana-mana terlihat banyak lalat beterbangan, bau tak sedap tercium, sungai-sungai yang tak lagi jernih yang akhirnya menyebabkan banjir dan penyakit menular dimana-mana. Harapannya anak-anak semakin bersemangat untuk menjaga lingkungannya agar senantiasa bersih.

Setelah bercerita, anak-anak diajak untuk mengenal langsung alat-alat pembersih seperti: sapu, kain lap, serok, dan sebagainya. Anak-anak pun terlihat antusias untuk segera praktek langsung membersihkan sekolah mereka dengan alat-alat tersebut. Anak-anak juga membuat sebuah hasta karya yang berupa kolase sapu dari daun-daun kering. Hasil karya mereka pun ditempel di dinding-dinding sekolah dengan diberi bingkai sehingga terlihat semakin cantik. Selesai mengerjakan karya, mereka pun membersihkan sisa-sisa daun kering yang mereka pakai untuk membuat hasta karya. Selain itu moment ini mereka gunakan untuk membersihkan sekolah yang mereka sayangi.

Ada yang membersihkan jendela, membersihkan rak sepatu, menyapu lantai dan masih banyak lagi. Mereka melakukan kegiatan ini bersama-sama. Bergotong royong, bekerja sama membersihkan sekolah dengan ceria. Ustadz dan ustadzah berharap, kegiatan puncak tema ini bisa menanamkan kebiasaan baik kepada anak-anak, yakni senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 




Komentar :